Senin, 28 Mei 2012

TV LG 21fu6rg GAMBAR MELIPAT KETENGAH

Ini pertama kalinya saya menulis di blog ini..saya bukan pakar elektronic,saya hanyalah orang awam yang suka otak atik peralatan elektronik, langsung saja ....kemarin ada tetangga yang minta tolong buat benahi tvnya. tv merk LG  21fu6rg dengan keluhan tv protek setiap kali di on. langsung saya buka tu tv, langkah awal saya bersihin casisnya,kemudian aku solder ulang semua komponennya. kemudian
coba nyalakan tvnya,eeee.....ternyata masih protek.
kemudian aku  lepas D 303 (deoda 4148) untuk memaksa tv ini nyala,dan byarrr!!!!....berhasill!!! sekarang tv dah nyala,tpi gambar melipat ketengah,
dan separoh gambar yang bawah hilang alias gelap.
 mulai. saya cek tegangan 26v dr fbt ternyata bagus, kemudian saya ganti condensator 25v/2200uf, 35v/1000uf setelah itu saya coba nyalakan eee..masih tetap melipat gambarnya. kemudian saya cek semua resistornya, dan sampailah pada resisor (R 305) 12k dekat IC vertical, emmmm...ternyata ini biang keroknya. R ini putus,tanpa fkir panjang saya ganti tuch R nya..dan saya nyalakan....BYARRRRR!!! tv normal..mal..mal.....mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat anda yang membacanya...salam!!!

6 komentar: